Label

Senin, 14 Juli 2014

Seleksi Program Pertukaran Pemuda (Kab. Pandeglang) #Late Post

Panitia pada saat acara pembukaan

Kepala DISPORA memberikan sambutan

Akhir bulan Februari 2014, Dispora kabupaten Pandeglang bekerja sama dengan DPD KNPI dan PPMI telah melaksanakan bagian dari program tahunan KEMENPORA yaitu seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN), Kapal Pemuda Nusantara (KPN) dan Jambore Pemuda Indonesia (JPI). Seleksi dilaksanakan selama dua hari di gedung Dispora Kab.Pandeglang. Peserta yang mengikuti seleksi tahun ini sebanyak 36 orang, sebagian besar mereka mengikuti program JPI, sedangkan jumlah paling sedikit adalah peserta PPAN. Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Kab.Pandeglang menjelaskan, bahwa kuota yang lolos dari seleksi kabupaten ke seleksi provinsi adalah PPAN 4 orang, JPI D orang, dan KPN 4 orang. Adapun negara tujuan PPAN adalah Kanada, Malaysia dan Jepang. Kota tujuan JPI adalah Riau dan KPN adalah Raja Ampat.

Seleksi terdiri dari tiga aspek, yaitu tes tulis mengenai pengetahuan umum dan psikologi, interview (pengetahuan umum, seni budaya, etika dan kepemimpinan, psikolog), dan praktek (seni budaya, keterampilan dan renang). Dari semua aspek, penilaian dititik beratkan pada praktek seni budaya, dikarenakan program ini akan menjadi ajang mengenalkan seni dan budaya daerah masing-masing.
Pada praktek seni budaya, sebagian besar peserta laki-laki menampilkan pencaksilat sekaligus debus dan peserta perempuan tarian. Ada yang menampilkan tari rampak kohkol, tari rampak bedug, tari ahlan wasahlan dan ada juga yang menampilkan tarian luar banten, yaitu diantaranya tari melayu dan tari cublak-cublak suweng. Peserta yang memiliki pengetahuan mengenai apa yang ditampilkan dan menampilkan secara baik dan benar adalah yang mendapatkan nilai tertinggi.
Peserta yang lolos seleksi akan mengikuti pembekalan selama dua hari pada awal bulan Maret. (SY)

Tes Praktek Seni dan Budaya

Pembekalan Bidang Psikologi

Pelatihan Menggunakan Permainan Tradisional (Engrang)
Olahraga Pagi
Panitia Seleksi

Panitia dan Peserta yang  Lolos Seleksi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar